Beberapa Ide Bisnis Tanpa Modal

Saat ini wirausaha menjadi pilihan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Muncul berbagai macam ide bisnis tanpa modal yang beragam jenisnya. Akan tetapi, yang dimaksud tanpa modal disini adalah dengan modal yang sangat minim atau bisa dikatakan hanya modal usaha tanpa modal berupa uang, karena seperti kata pepatah dari tanah Jawa, jer basuki mawa beya yang artinya setiap cita-cita membutuhkan modal. Begitu pula ketika kita akan membuat bisnis. Ada banyak bisnis tanpa modal yang bisa kita mulai dengan mengandalkan apa yang ada di sekitar kita dan tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. Pada dasarnya banyak pengusaha sukses yang kekayaannya mencapai miliyaran rupiah dengan memulai bisnis sederhana.

Ide Bisnis Tanpa Modal

Berpikir realistis menjadi poin pertama yang akan kita bahas. Kita memang harus punya mimpi setinggi-tingginya, tapi untuk meraihnya tentu tidak semudah kita bermimpi. Begitu pula dalam bisnis, jangan dulu fokus mengejar keuntungan yang besar. Mulai dari sesuatu yang kecil dulu dan kemudian kembangkan menjadi besar.

Ada beberapa ide bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan. Pertama adalah bisnis barang bekas. Bisnis yang satu ini menjadi bisnis yang fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tinggal cari orang yang mau menjual barang dan kemudian tawarkan barang tersebut ke orang lain, bisa dari mulut ke mulut, lewat pesan singkat, atau lewat media online. Lalu ide yang kedua adalah menjadi guide atau jasa tour. Hal yang penting disini adalah komunikasi. Tidak perlu punya kendaraan, yang penting manajemen yang baik. Berbekal pengetahuan tentang lokasi wisata tujuan kita bisa memperoleh keuntungan.

Ketiga, ada juga bisnis menjadi guru les privat. Untuk yang satu ini, cocok untuk mahasiswa atau siapa saja yang punya pengetahuan dan waktu lebih. Keempat, kita bisa mencoba bisnis belanja. Maksudnya kita menyediakan jasa untuk membeli barang-barang orang lain yang mungkin sibuk atau berhalangan untuk berbelanja. Tinggal minta daftar barang yang harus dibeli dan meluncur ke tempat perbelanjaan.

Kita harus bisa jeli dalam melihat peluang usaha, karena dengan pola kehidupan masyarakat saat ini sebenarnya peluang wirausaha semakin terbuka lebar di berbagai bidang. Masih banyak ide bisnis tanpa modal yang bisa kita gali dan kembangkan.

Beberapa Ide Bisnis Tanpa Modal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Yuni
 

Top