Tip Memulai Bisnis Mikro Agar Sukses

Pada dasarnya setiap orang bisa memulai bisnisnya, berapa pun modal yang dimiliki. Dalam kategori bisnis mikro, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan masih bisa dibilang terjangkau. Berikut ini ada beberapa tip memulai bisnis mikro agar dapat berjalan dengan baik.

Tip Memulai Bisnis Mikro Agar Sukses

Kita mungkin sudah melihat dan tergiur pada kekayaan yang dimiliki oleh para pengusaha sukses, sebut saja pendiri Facebook atau dari Indonesia kita kenal Bob Sadino. Apa yang mereka dapatkan sekarang bukan tiba-tiba ada begitu saja, melainkan dimulai dari usaha kecil yang mereka jalankan. Bahkan banyak dari pengusaha-pengusaha sukses yang dulunya tidak pernah terpikir akan menjadi sesukses sekarang ini.

Tip memulai bisnis mikro yang pertama adalah realistis. Sadari kemampuan yang dimiliki, termasuk modal dan skill. Lihat sekeliling dan temukan bisnis yang sesuai dengan panggilan hati. Jika sampai pada tahap bingung, itu adalah kemajuan karena artinya kita telah berpikir. Coba lihat lagi, masih banyak contoh usaha yang sukses dan bisa kita ambil segi positif dan belajar untuk menghindari hal yang negatif darinya.

Tips yang kedua adalah modal. Anggapan bahwa modal adalah hal yang paling utama sebenarnya salah. Seperti yang sudah disebutkan diatas, dengan modal berapa pun kita bisa memulai usaha. Dan lagi-lagi yang selalu jadi utama adalah doa dan usaha. Disini kita juga perlu tips yang pertama, sesuaikan antara modal dan bidang usaha yang menjadi target. Jika belum bisa tercapai, kita mulai dari skala yang butuh modal kecil dulu.

Selanjutnya tips yang ketiga yaitu ingat pepatah, time is money artinya waktu adalah uang. Dunia bisnis bisa dikatakan dunia yang keras. Disiplin sangat dibutuhkan disini, sehingga kita bisa menganggap waktu bernilai dengan uang.

Tips yang keempat, jika sudah menentukan bidang usaha dan memulainya, jual kualitas dan kelebihannya. Orang saat ini semakin jeli dan pandai dalam memilih suatu produk atau jasa, tidak segan orang membayar lebih untuk mendapatkan yang berkualitas. Jadi kualitas dan harga harus seimbang. Itulah keempat tip memulai bisnis mikro yang bisa diterapkan untuk membangun bisnis yang sukses.

Tip Memulai Bisnis Mikro Agar Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Yuni
 

Top