Tip Memulai Bisnis Percetakan Dari Hal Sederhana

Anda tertarik dengan bisnis percetakan? Ada berbagai macam pertimbangan untuk memulai bisnis ini. Memang bisnis percetakan membutuhkan modal yang lumayan besar karena harga peralatannya saja bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Lalu bagaimana memulainya? Berikut ini ada beberapa tip memulai bisnis percetakan yang mungkin bisa jadi referensi bagi anda yang tertarik.
Tips pertama, mantapkan hati dulu. Cari alasan kenapa memilih bisnis percetakan. Sekedar untuk motivasi, setiap hari kita bisa melihat benda-benda hasil cetakkan dalam berbagai bentuk di rumah, sekolah, kantor, supermarket, toko, dan lain sebagainya bahkan hampir di semua tempat yang kita kunjungi setiap hari. Jika kita bisa jeli, ini adalah sebuah peluang usaha yang sangat besar dan percetakan ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Tip Memulai Bisnis Percetakan Dari Hal Sederhana

Tip memulai bisnis percetakan selanjutnya adalah minimal punya pengetahuan soal percetakan dan mulai dari yang paling kecil. Jika kita punya usaha, tentu kita harus kenal dulu apa yang kita kerjakan. Pada bisnis percetakan ini, mulai saja dengan hal yang kecil dan sederhana dulu. Contohnya membuka percetakan kecil yang bisa dilakukan di rumah,  seperti cetak kartu nama, undangan, foto, atau stiker, dan lain-lain. Modal untuk bisnis percetakan ini masih terbilang kecil, dengan budget kurang lebih Rp 5.000.000,00 saja anda sudah bisa mendapatkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan, seperti komputer atau laptop, printer, kertas, dan lainnya.

Tips yang ketiga adalah promosi. Kita bisa mulai dari keluarga atau rekan dekat untuk mencoba jasa percetakan kecil yang kita punya. Peluang untuk cetak foto, stiker, kartu nama, dan lainnya masih terbuka lebar.

Tips keempat adalah siapkan skill atau kemampuan. Artinya ketika ada pesanan dari pelanggan, kita harus profesional dan membuatnya sesuai dengan permintaan pelanggan.

Tips terakhir adalah mulai sesuai dengan modal dan kemampuan. Kembali lagi pada masalah yang sering menjadi hambatan untuk memulai bisnis. Sebenarnya anggapan tersebut salah, karena dengan modal kecil pun kita tetap bisa dimulai. Dalam tip memulai bisnis percetakan ini terkait dengan peralatan cetak. Fokus saja untuk menjalankan usaha dengan baik dan profesional, jangan terburu-buru untuk memiliki mesin cetak digital atau digital printing yang harganya mahal.

Tip Memulai Bisnis Percetakan Dari Hal Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mbak Yuni
 

Top